Langsung ke konten utama

Asyiknya Meng- Eco Enzim

Kali ini saya ingin cerita tentang hobi baru yang sebenarnya masih relate sama hobi tanam menanam. Yaitu meng-eco enzim. Hehe istilah ini saya buat sendiri, yang artinya membuat eco enzim. Selain mudah membuatnya, eco enzim sendiri memiliki banyak sekali manfaat. Hanya saja kita perlu bersabar karena pembuatannya menunggu masa 3 bulan baru bisa panen.

    

Eco enzim yang sudah dipanen


      Eco enzim sebenarnya bukan istilah baru ya, apalagi bagi pecinta lingkungan. Karena dengan gerakan ini kita bisa meminimalisir sampah organik seperti kulit buah dan sayur-sayuran. Yang sebenarnya hanyalah sampah, ternyata bisa dimanfaatkan menjadi eco enzim. Tinggal menyediakan molase dan wadah saja, maka eco enzim bisa dibuat. 


     Saya sendiri baru mengenal lebih dalam tentang eco enzim setelah mengikuti seminar tentang pemanfaatan limbah rumah tangga. Asyik sih menurut saya, karena kita hanya perlu mengumpulkan sampah sayur dan buah, wadah juga tidak susah dicari. 


Mari Mencoba


     Untuk membuat eco enzim hanya perlu sampah kulit buah dan sayur. Sayur dan buah apa saja bisa, asal tidak busuk. Untuk kulit buah jangan yg keras seperti salak, durian atau kelapa. Juga jangan bergetah seperti nangka dan cempedak.


    Untuk takarannya 1:3:10. 1 bagian molase, 3 bagian sampah, 10 bagian air. Biar gak bingung, berikut saya tampilkan takaran berikut ukuran wadah, jadi bisa disesuaikan ya. Sebelumnya cuci dulu kalau kulit buah/sayur jika ada yg kotor, potong-potong kecil dan timbang sesuai takaran.


   Untuk molase, bisa dibuat dengan gula putih atau gula merah. Tetapi lebih bagus gula merah karena tanpa pengawet atau bahan kimia. Makin bagus kualitas gula merah, makin baik hasilnya. Cara membuat molase, gampang sekali. Rebus air dengan gula merah, takaran 1 : 1. Jadi misal kita mau buat 100 gram molase. Berarti 50 gram gula merah dan 50 gram air. Saran saya, potong-potong kecil/ iris gula merah jadi gampang larut, masak hingga mendidih. 


      Tunggu hingga molase dingin, baru campurkan ke air dan kulit buah/sayur. Aduk hingga rata. Tutup rapat wadah, disarankan memakai tempat plastik karena lebih elastis. Saya pake twinwall, yang di selotip tutupnya agar rapat. Kasih label tanggal pembuatan dan panen jadi tidak lupa. 




Masa menunggu 3 bulan ya. Eco enzim bisa dipanen lewat dari tiga bulan, tapi jangan sampai kurang ya. Saat memanen, ambil dulu kulit-kulit buah/sayur yang terapung di atas, lalu saring dengan kain tipis agar ampas di dasar tidak terikut. 


      Ini sampahnya bisa kita pakai juga lho. Kalau rajin kulit-kulit buah tadi bisa dijemur hingga benar-benar kering lalu dijadikan pengharum ruangan. Nah, ampas di dasarnya bisa untuk pupuk tanaman. Tinggal di tambah air lagi. 


Tips agar aroma sedap


      Pemakaian kulit buah dan sayur, 7:3 atau, jangan lebih banyak kulit sayur. Bisa pakai kulit jeruk, serai atau bahan lain yang wanginya sedap. Percobaan pertama saya banyak pakai kulit jeruk, jadi saat panen meski ada aroma asam, tapi dominan wangi jeruk masih terasa. Bahkan saat dicampur ke dalam deterjen cair, wangi jeruk masih berasa banget. Jadi gak berasa pakai eco enzim.


    Jika setelah panen bau nya kurang sedap, kita bisa buat agar lebih aromatik, hanya didiamkan sebulan saja. Nanti kita bahas tersendiri ya. 


Manfaat Eco Enzim

    

      Setelah memupuk kesabaran selama tiga bulan kita akan menuai manfaat yang worth it lah. Kegunaan eco enzim ini mencakup 18 fungsi. Apa aja, yuuk kita simak. 


     Eco enzim bisa dipakai untuk campuran pembersih kompor/area dapur, sabun cuci piring, mandi, deterjen cair juga sampo. Dengan takaran 1:1:5, artinya 1 ml eco enzim, 1 ml sabun dengan air 500/1000 cc. Cukup hemat ya, jadi kalau kita punya 100 ml shampo ditambah 100 ml eco enzim hasilnya bisa jadi 200 ml. Waaah. 


     Busa sabun masih ada? Masih kok, gak usah takut. Tapi volume busa sabun gak sebanyak sebelum dicampur.


      Manfaat eco enzim lainnya adalah untuk membersihkan kamar mandi/wc, obat luka gores/bisul, anti radiasi dan membersihkan kuningan. Nah ini langsung aja pakai eco enzim tanpa campuran apapun. 


     Eco enzim bisa dipakai juga untuk insektisida sayuran, herbisida dan membasmi pestisida. Dengan takaran satu tutup botol eco enzim ditambah satu baskom air. Juga bisa sebagai pupuk organik ya, dengan takaran 1 ml eco enzim untuk 1 liter air.


      Jika ingin rileks, eco enzim bisa dipakai untuk merendam kaki, dengan takaran 30 ml eco enzim untuk 1 ember/baskom air hangat. Bisa juga untuk kumur dan gosok gigi serta air purifier. Ini tabelnya bisa dilihat langsung.




       Selain untuk kehidupan sehari-hari eco enzim sendiri sangat berefek negatif untuk bumi. Pertama sampah jadi berkurang, otomatis kita gak perlu bakar sampah yang membuat bumi semakin panas. Lalu tumpukan sampah jadi berkurang, otomatis lingkungan menjadi lebih bersih, polusi berkurang dan terhindar dari bermacam-macam penyakit. Eco enzim juga sangat bermanfaat untuk pertanian dan perikanan. 


        Oya, dengan pencampuran eco enzim pada berbagai sabun yg kita pakai sehari-hari, berarti kita meminimalisir efek buruk kimia yang secara tidak langsung diserap tubuh kita. Mulai dari sabun mandi, deterjen, sampo, berbagai perlengkapan kebersihan. Plus juga mengurangi polusi air karena limbah sabun.


      Dengan seabrek manfaat, sampai kapan lagi kita menunda untuk berbuat baik pada bumi, lingkungan, bahkan diri sendiri. Yuuuk dicoba. 



 


 




     

Komentar

  1. Masyaallaah awalnya nunggu 3 bulan itu kayak berasa lama kali
    Tapi kalo nengok banyak kali manfaatnya yaa gapapa lah nunggu lama ya.
    Sesuatu yang baik emang ngga bisa instan ya kan kak, hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, jalan ninja nya buat banyak, jadi puas mau buat untuk apa aja

      Hapus
  2. Gak sabar nungguin nya nih Sis, kalo dikemas dengan apik mungkin laku keras ya di pasar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada mmg d jual di pasar bg, cuma klo liat di shopee hrg nya krg worth it, tp klo org jualan eco enzim utk pupuk biasa 20-25rb isi 250ml.

      Hapus
  3. Aku sama dengan Bang Hari, ga bakal sabar nungguin 3 bulan.

    BalasHapus
  4. Sabar bener kakak nungguin 3 bulan yaaa. Tapi lumayan juga fungsinya untuk banyak hal. Anyway, eco enzim yang belum tercampur sama shampo dll, apakah aman kalau masuk jangkauan anak-anak kak? karena bahannya menurutku organik semua gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat dr ph nya kak, klo ph 4 ato lbh kcil bs utk vitamin, tp klo mmg utk konsumsi better kita buat dr buah ya kn, istilah nya lbh premium. Itu dr yg saya tau

      Hapus
  5. Kak, selama 3 bulan itu, mereka diletak di mana? Maksudnya terlindung dari sinar matahari kayak yang di gelap2an kayak buat yoghurt atau bebas mau diletak dimana aja?

    BalasHapus
  6. Dianjurkan tempat yg tidak panas, tanpa cahaya, krna ada gas nya gtu kan, dan jangan di kocok2, biar gk meledak

    BalasHapus
  7. Wah baru tau nih ada yang namanya eco enzim, tapi nunggu sampe 3 bulan effort banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, makanya klo gk mau capek sekali buat banyak bs. Krna gk ada masa kadaluarsa juga.

      Hapus
  8. Sebanyak itu manfaatnya ya, Kak. Pantesannnn banyak ibu-ibu yang lagi semangat buat ecoenzym ini. Terima kasih tulisannya, Kak. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, awak pun gtu. Awal2 cuek aja, bgitu tau manfaat nya, wah sekali rasanya.

      Hapus
  9. Wah ini hype banget waktu jaman awal Covid. Sempat buat sama temen kantor, dijadikan pengharum ruangan juga enak.

    Di medan ada komunitasnya gitu kah kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau bang, tp yg pecinta lingkungan kyk nya jg pro sama ini. Saya aja bru ngeh stlah ikut pelatihan, hehe

      Hapus
  10. Aku si pemalas dalam hal yang begini² agak tertarik juga, Kak. Mudah²an nanti bisa aku coba juga, Kak. Yang bikin tertariknya, sih, bisa berguna untuk membersihkan kompor. Paling malas, kalau sudah lihat kompor hitam berkerak.

    BalasHapus
  11. Gak pala susah ternyata. Tapi karena malas jadi aku beli sama Iyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owww Iyah ada jual juga ya. Kk pun rencana mau jual, krn klo pake sndiri pasti berlebih. Seperti kata bang Hary, peluang nya ada

      Hapus
  12. Aku baru aja panen Mak, tapi blm ku salin haha, ya Allah Punya seliter ee aja bangga aku. Namun ini ketagihan, pengen bisa produksi byk EE krn manfaat nya segudang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener. Klo dh panen jd nagih. Aku dah buat lg, pdhal yg kedua ni juga msh nunggu. Mumpung ada wadah nya 😁

      Hapus
  13. Baru tahu aku kak. Jadi pengen nyobain tapi masih bingung apa aku akan bisa bersabar nunggu sampai 3 bulan gitu kak. Apalagi banyak manfaat ya kan kak bisa mengurangi sampah juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal nya mmg gk sabar, tp d bawa santai aja hehe. Kn tinggal d simpan, gk mesti di pantengin / rawat kyk tanaman

      Hapus
  14. Baru tahu ada eco enzim. Ternyata punya segidang manfaat meski menunggu cukup lama. Kek nunggu abang ituz😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu mmg kak, butuh effort utk dpt yg baik2 πŸ˜† gk bs instan kyk mie 😁

      Hapus
  15. Begitulah, ya, yang baik-baik emang susah buat melakukannya. Wkwk. Nunggu tiga bulan. Tenkyu buat informasinya, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngeliat byk yg komen nunggu lama x, klo nnt kk jual ini, laris gk? Kwkkw

      Hapus
  16. Ibu aku senang buat ini kak, karena memang belio pensiunan pertanian yang senang tanam menanam, tapi kesenangan ini belum turun ke aku 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak manfaat nya rin, salah satunya bs hemat soal per sabun2an dan kita juga bs meminimalisir pemakaian kimia. Plus ramah lingkungan. Kecek punya mamak aja, test dulu hehe

      Hapus
  17. Kaget ternyata buat eco enzim ini bisa sampe 3 bulan. Tapi kalo dipikir-pikir worth it sih dengan berbagai macam manfaat yang bisa kita dapatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmg lama kak, rata2 klo kita buat something yg organik, mmg gtu, krn proses berjalan scara alami. Tp sesuai dgn manfaat yg seabrek

      Hapus
  18. Kaak Dewi plis plis plis nuat kelas tentang Eco Enzyme ini dong. Penting sekali buat Mak Emak seperti aku yang saban hari di dapur dan pas ngeliat sampah sayur dan potongan buah selalu mikir baiknya ini dibuat apa yah, sayang ga dimanfaatin. tapi aku gak ngerti caranya. Liat selintas aja ga paham, pengen yang diajarin dari 0 gitu kak. Masukin tema Durian gitu, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Japri kk aja kin, hehe. Klo kita komunitas pecinta lingkungan msh nyambung, tp kita kn blogger. Insya allah siap memandu 😊

      Hapus
  19. prosesnya cukup lama tapi manfaatnya luar biasa. baru tahu ada metode seperti ini. makasi banyak ya kak sangat bermanfaat sekali ini.

    BalasHapus
  20. Aku baru tau loh eco-enzim bisa untuk obat bisul. Mind blowing

    BalasHapus
  21. Udah tau lama eco enzim banyak manfaatnya, tapi belum pernah nyoba buat sendiri awak kak. Selain nunggunya lama, buat eco enzim juga bisa gagal ya kan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli aja kak, 20rb/liter, penyimpanan di suhu ruang jangan kena matahari biasanya bisa di pakai lama sekali kak. Tapi kalau mau mengolah sampah buah sendiri coba aja kak.

      Hapus
    2. Manfaatnya banyak, hrg nya terlalu murah ya πŸ˜…, makanya trainer kami sarankan kmrin utk d olah k bntuk lain, jd gk eco enzim murni

      Hapus
    3. Klo pun gagal, tetep ada acara recycle nya, dan se gagal2 nya kk, tetep bs utk pupuk, ato sabun bersih2. Biasa itu krna ph blm standart

      Hapus
  22. Teringat kampus lama pernah bagi2 eco enzym utk dosen2, awalnya awak kira madu, tapi beberapa lama kemudian baru sadar kalau itu eco enzym. Untung belum diminum. Thanks ilmunya dew, kapan2 coba ah

    BalasHapus
  23. Banyak juga ya manfaatnya. Tapi, kulit buah dan sayurny gak boleh yng busuk ya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vibes dari Blogger Cup, Blogger Medan

        Lazimnya bagi setiap blogger, menulis adalah hal wajib. Tapi sewajib-wajibnya kalau gak berurusan sama job kadang males juga. Hayo, siapa yang samaan?       Biasa bakal ada semangat kalau dikerjain barengan atau ada triggernya. Dan inilah yang Dewi rasakan 2 minggu lalu. Bergabungnya Dewi di komunitas Blogger Medan memang bukan tanpa alasan, ya minimal biar terikut semangat untuk nge-Blog tadi. Dan pas sekali dengan momen hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober 2023. Blogger Medan membuat event Blogger Cup.          Awalnya Dewi juga gak ngerti banget gimana mekanisme lombanya, tapi biar ada pemicu untuk nulis dah ikut aja. 😁 Jujur, ini kali pertamanya ikut kompetisi nulis yang sistem duel. Seru sih, ditambah lagi tema menulis yang diumumkan pada jam tertentu plus waktu menulis yang hanya 24 jam. Padahal biasa ngejar DL yang 3 hari bisa cengap-cengap, haha.  Gak cuma Dewi, tapi banyak peserta yang merasa seperti memacu adrenalin, kayak naik rollercoaster.  Tulisan pertam

Belajar Dasar Blog dan SEO di Kelas Blogger Medan

Rudi Hartoyo memberikan materi         Belajar menjadi blogger tentu harus mengenal berbagai hal tentang blog, mulai dari template, domain, tools pendukung seperti google console dan google analytics, dan tentu saja SEO.         SEO belakangan menjadi istilah yang trending dan menarik. SEO atau Search Engine Optimization yang merupakan teknik optimasi sebuah web agar mesin pencarian dapat menempatkan halaman web kita di halaman pertama mesin pencari dengan keyword tertentu.         Terdengar amazing ya, namun gampang-gampang mudah juga mencapainya. Kita harus bisa menentukan judul dengan keyword yang tepat, label, konten, gambar, internal link dan lain-lain. Belajar blog kali ini di fasilitasi oleh Blogger Medan, di Kopikuni. Belajar kali ini cukup ekslusif karena hanya anggota Blogger Medan saja dengan jumlah peserta yang terbatas. Anggota Blog Medan serius mengerjakan tugas        Dengan suasana Sersan, serius tapi santai, peserta tampak antusias mengikuti kelas internal ini. Ten

Pribadi Sultan

    Lukisan Sultan Abdul Hamid II                 2024 akan menjadi tahun bersejarah bagi Indonesia. Di tahun ini kita kembali merayakan pesta demokrasi yang hanya berlangsung lima tahun sekali. Tentu suasana campur aduk ya, kadang panas karna adu argumentasi, haru melihat paslon kesayangannya, atau kesal kalau ada oknum yang melanggar berbagai batasan.           Saya pribadi, merasakan betul hawa ini. Beda banget seperti tahun-tahun sebelumnya. Dulu ya anteng-anteng saja meski sudah memiliki pilihan sendiri, tapi tidak untuk tahun ini. Entah karena gejolak resah yang dirasakan sebagai rakyat sudah semakin memuncak.        Cerita tentang pemilu tentu tidak lepas dari sosok pemimpin karena relate sekali dengan capres yang nantinya akan dipilih. Btw, saya mau sedikit flashback tentang cerita sosok pemimpin yang sangat dikagumi tentu setelah urutan Nabi Muhammad SAW. Tentang Sultan Abdul Hamid II        Tepat tahun 2021 saya menonton sebuah drama sejarah Islam Turki yang berjudul The Payi